18 Pengembang Berminat Bangun Hunian DP Rp 0 di Jakarta

Ameidyo Daud Nasution
3 Mei 2018, 17:42
Rusun Klender Jakarta
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Real Estat Indonesia (REI) menyatakan 18 pengembang hunian menyatakan minat untuk ikut dalam pembangunan rumah uang muka nol persen. Bahkan, para pengembang tersebut telah mengajukan izin penggunaan lahan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) REI DKI Jakarta Arvin F. Iskandar mengatakan kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatanganan yang dilakukan di depan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu. “Beberapa pengembang memiliki lahan potensial untuk dikembangkan,” kata Arvin di Jakarta, Kamis (3/5).

(Baca juga: PUPR Izinkan Pemprov Jakarta Pakai Skema FLPP untuk Rumah DP Rp 0).

Menurutnya, para pengembang menyiapkan hunian di lokasi berbeda-beda, mulai dari Jakarta Timur, Barat, hingga Utara. Namun, Arvin menegaskan, tempat tinggal bebas uang muka ini hanya untuk hunian vertikal saja. Sebab, untuk memenuhi rumah tapak lebih sulit karena harganya cukup tinggi. Sementara hunian vertikal atau rusunami bisa dijangkau seharga Rp 300 hingga 350 juta.

Pria yang juga Managing Director PT Perdana Gapurarima Tbk tersebut menjelaskan, risiko ketiadaan uang muka dapat diperkecil dengan pembiayaan yang relatif murah lantaran perizinan lebih cepat. Hal ini akan membuat kebutuhan biaya pembangunan lebih kecil. “Jadi cost of money bisa kami tekan dengan cepat,” kata Arvin.

Adapun terkait aturan pendukung, Pemerintah DKI Jakarta akan menyiapkan regulasinya tahun ini. Selain dari pemda, REI berharap program ini mendapat dukungan payung hukum dari Bank Indonesia (BI) terutama soal loan to value ratio (LTV). Sebab, uang muka nol persen untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sudah ada.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...