Apple Anggarkan Rp 607 Milliar untuk Bangun 3 Pusat Inovasi

Desy Setyowati
7 Mei 2018, 19:24
Pusat Inovasi Apple
Kemenperin
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (kedua dari kiri) bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (ketiga dari kiri) mendengarkan penjelasan dari Director Apple Developer Academy, Gordon Shukwit (kanan) mengenai fasilitas yang disediakan untuk para pengembang aplikasi PT Apple Indonesia di BSD City, Tangerang, 7 Mei 2018.

PT Apple Indonesia akhirnya meresmikan pusat riset dan pengembangan pertama di Indonesia, yang berlokasi di Bumi Serpong Damai (BSD) pada Senin (7/5). Setelah ini, Apple berencana membangun dua fasilitas serupa di Tanah Air.

"Total investasi mereka senilai US$ 44 juta (sekitar Rp 607 miliar) dalam jangka waktu tiga tahun sejak 2017,” ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam siaran pers yang diterima Katadata, Senin (7/5).

Fasilitas Apple research and development/R&D seluas 1.500 meter persegi di BSD ini menjadi yang pertama di Asia, dan ketiga di dunia setelah Brasil dan Italia. Apple akan membangun dua fasilitas lain di luar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dan di luar Pulau Jawa.

Airlangga mengatakan, keberadaan pusat riset ini sebagai fasilitas inkubator untuk pengembangan aplikasi Apple. Selain itu, akan dibentuk Apple Developer Academy Indonesia bekerja sama dengan Universitas Bina Nusantara (Binus), yang menerima 75 orang siswa di tahap awal. 

(Baca juga: Belajar dari Inggris Soal Sulitnya Mengatur Inovasi)

Setelah semua beroperasi penuh, kata dia, siapa pun berkesempatan mendaftar di sekolah ilmu pemrograman khusus ekosistem aplikasi Apple tersebut. Apple juga tidak akan memungut biaya bagi penerima beasiswa. “Di sistem akademi Apple ini, pemegang hak patennya adalah para pelajar,” kata Airlangga.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...