Nasib Empat Blok Migas Habis Kontrak 2019 Diputuskan Pekan Ini

Arnold Sirait
7 Mei 2018, 18:26
Blok migas
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) segera memutuskan nasib empat blok minyak dan gas bumi (migas) yang kontraknya akan berakhir tahun 2019. Saat ini keempat blok tersebut masih dalam tahap pembahasan.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menginginkan keputusan mengenai empat blok migas itu bisa segera diambil. “Ini harus cepat selesai. Pekan ini akan ada tanda tangan,” kata dia di Kementerian ESDM, Senin (7/5).

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM Ediar Usman mengatakan pekan ini Jumat pekan ini (11/5) diharapkan sudah ada keputusan mengenai nasib empat blok tersebut. “Jumat penetapan pengelola dan term and condition signature bonus, belum tanda tangan kontrak,” ujar dia .

Namun, hingga saat ini Ediar belum bisa memastikan keempat blok tersebut akan diserahkan kepada kontraktor eksisting atau PT Pertamina (Persero), termasuk besaran hak kelolanya. Yang jelas, besaran hak kelola itu akan diputuskan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Seperti diketahui, tahun depan aka nada empat blok migas yang akan berakhir. Keempat blok tersebut adalah Bula, Seram-NonBula, Pendopo & Raja, Jambi Merang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...