Peneliti UI: Go-Food Sumbang Rp 1,7 Triliun ke Ekonomi Nasional

Desy Setyowati
7 Mei 2018, 18:37
Go-Food Festival
Katadata/Pingit Aria
Suasana di Go-Food Festival Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (5/5).

Transaksi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergabung dengan Go-Jek menyumbang Rp 1,7 triliun terhadap perekonomian nasional tahun lalu. Data tersebut mengacu dari hasil riset LD FEB UI terhadap mitra Go-Food di sembilan kota, pada 2017 lalu.

Berdasarkan riset itu, mitra Go-Jek menyumbang Rp 302 miliar terhadap perekonomian DKI Jakarta. "Di Medan, kontribusinya mencapai Rp 118 miliar," kata peneliti Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) I Dewa Gede Wisana dalam siaran pers, Ahad (6/5).

Yang menarik, kata dia, volume transaksi dari 83,3% UMKM mitra Go-Jek yang berlokasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) meningkat. Menurut dia, peningkatan itu terjadi karena Go-Food membuka akses yang lebih luas kepada UMKM.

(Baca juga: Merugi tapi Valuasinya Naik, Fenomena Bisnis Digital Indonesia)

Saat ini, mitra Go-Food mencapai 150 ribu unit usaha. CEO dan Founder Go-Jek Nadiem Makarim mengklaim, layanan pesan-antar makanan ini merupakan yang terbesar di dunia, di luar Tiongkok. Guna meningkatkan transaksi, Go-Jek pun menggelar Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) di 11 kota selama 5-13 Mei 2018. "Kami percaya pemanfaatan teknologi adalah cara paling cepat untuk membantu UMKM tumbuh dan berkembang,” ujar dia.

Selain Harkulnas, Go-Jek lebih dulu menggelar Go-Food festival di 10 lokasi di delapan kota di Indonesia.  Chief Commercial Expansion Go-Jek Catherine Hindra menyebutkan, rata-rata transaksi di setiap Go-Food festival mencapai 50 ribu per bulannya. Data itu diperoleh dari riset terhadap UMKM di enam lokasi Go-Food festival.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...