Nadiem: Go-Jek Siap Ekspansi ke Luar Negeri Bila 4 Syarat Terpenuhi
CEO Go-Jek Nadiem Makarim menanggapi kabar yang menyebutkan Go-Jek akan berekspansi ke beberapa negara di Asia Tenggara. Nadiem menyatakan tertarik untuk membuktikan keberhasilan perusahaan transportasi online-nya tak hanya berlaku di Indonesia.
"Misi Go-Jek membuktikan teknologi bisa memajukan sebuah negara, kita harus membuktikannya secara alamiah," kata Nadiem dalam acara The Next Indonesia Unicorn (Nexticorn) International Summit di Bali, Rabu (9/5).
Nadiem mengatakan Go-Jek akan berekspansi di luar Indonesia apabila terpenuhi empat syarat. Pertama, memiliki penetrasi yang signifikan di Indonesia. Kedua, posisi yang lebih baik dibandingkan pesaing. Ketiga, memiliki staf yang mendukung bisnis di luar negeri. Keempat, memiliki cukup pendanaan.
"Jika empat hal tercapai, kami sudah memenuhi sebagian besar di antaranya, saya pikir cukup untuk uji coba ke negara lain," kata Nadiem.
(Baca juga: Peneliti UI: Go-Food Sumbang Rp 1,7 Triliun ke Ekonomi Nasional)
Nadiem menyatakan salah satu faktor berkembangnya startup di Indonesia karena respons pasar yang sangat bagus dalam waktu yang cepat. Dia membandingkan respons pasar Indonesia bahkan lebih baik daripada India yang merupakan negara yang perkembangan teknologinya lebih baik.
Dia menggunakan jumlah data pengemudi dan layanan pengiriman makanan Go-Jek lebih besar dibandingkan perusahaan yang sejenis di sana.
"Sebenarnya pasar lebih besar di India dan akan melewati kita. Namun respons konsumen dan mengadopsi layanan digital di Indonesia berjalan lebih cepat," kata Nadiem.
(Baca juga: Merugi tapi Valuasinya Naik, Fenomena Bisnis Digital Indonesia)