Ribuan Pertemuan Startup dan Investor Digelar di Ajang Nexitcorn

Yuliawati
Oleh Yuliawati
11 Mei 2018, 07:37
"The 1st Next Indonesia Unicorn (NextICorn) International Summit"
Dok. Kementerian Kominfo
Ajang The 1st Next Indonesia Unicorn (NextICorn) International Summit pada 9-10 Mei 2018 di Nusa Dua, Bali.

Ajang The 1st Next Indonesia Unicorn (NextICorn) International Summit di Nusa Dua, Bali selama dua hari berhasil melaksanakan 1.035 pertemuan antara startup lokal dan investor. Kementerian Komunikasi dan Informatika memfasilitasi ajang Nexitcorn dengan harapan investor menanamkan modal ke perusahaan startup dan melahirkan unicorn baru. 

Lead Coordinator of NextICorn Ridzki Syahputera mengatakan, frekuensi pertemuan yang terjadi cukup tinggi, karena jumlah peserta di bawah 200. 

"Startup tak perlu mencari dana ke Tiongkok dan Eropa, cukup mengundang investor ke sini," kata Ridzki, usai acara Nexitcorn, Kamis (10/5).

(Baca juga: Empat CEO Unicorn Bagi Rahasia Sukses di Ajang NextICorn di Bali)

Namun, pertemuan yang digelar tak otomatis menghasilkan kesepakatan bisnis antara startup dan investor. Kedua belah pihak masih perlu waktu lebih lama untuk merealisasi kesepakatan.

Dalam pertemuan dua hari pada 9-10 Mei 2018, terdapat 94 pendiri startup dari 70 startup nasional dan 98 investor dari 67 perusahaan modal ventura yang mengikuti kegiatan ini.

Sebanyak 13 startup mencari  dana di atas US$5 juta atau sekitar Rp 70 miliar, di antaranya  Tanihub, Ralali, Adskom, Agate, Kata.ai,  dan Ruangguru.com.

Beberapa investor asing hadir dalam ajang Nexitcorn di antaranya Sequoia Capital asal Amerika Serikat, serta Tencent dan Fosun International asal Tiongkok. Adapun dari investor lokal yakni East Ventures, Alpha JWC, Convergence, Ideosource dan Kejora.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...