Besok, Pemerintah Evaluasi Proyek Trans Papua hingga Pelabuhan

Ameidyo Daud Nasution
14 Mei 2018, 18:32
Jokowi di Jembatan Holtekamp
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Presiden Joko Widodo (tengan) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (ketiga kanan) dan sejumlah pejabat daerah setempat memberi keterangan saat meninjau proyek pembangunan Jembatan Holtekamp di Jayapura, Papua, Kamis (12/4). Jembatan Holtekamp yang berada di atas Teluk Youtefa dan menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami tersebut ditargetkan selesai pada akhir 2018.

Pemerintah akan mengevaluasi jalannya proyek-proyek infrastruktur yang berjalan pada Selasa (15/5) besok. Bukan hanya proyek infrastruktur strategis, proyek yang tidak masuk daftar strategis juga akan dibahas dan dievaluasi.

Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo menjelaskan evaluasi ini berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta proyek strategis dan non strategis diperhatikan. Dia menaksir proyek yang dievaluasi sangat banyak, tapi dia belum bisa menyebutkan jumlah pastinya.

"Seperti Trans Papua, beberapa pelabuhan kecil, lalu proyek pelabuhan penyeberangan Merak - Bakauheni dan Labuan Bajo," kata Wahyu kepada Katadata.co.id usai acara diskusi yang dihelat Japan International Cooperation Agency (JICA) di Jakarta, Senin (14/5).

Rapat akan digelar di Sekretariat Kabinet dan dipimpin oleh Deputi Setkab Bidang Kemaritiman Satya Bhakti Parikesit. Para eselon I dari berbagai Kementerian dan Lembaga (K/L) terkait akan memaparkan apa saja proyek infrastruktur yang dikerjakan dan bagaimana progresnya.

(Baca: Jokowi Soroti 30 Pelabuhan Mangkrak Akibat Tak Punya Akses Jalan)

Wahyu mengakui ada beberapa proyek infrastruktur PSN dan non-PSN yang masih terkendala pembangunannya. Namun dia tidak menyebutkan secara rinci proyek apa saja yang terhambat. Dia hanya menyebutkan hambatan yang dialami proyek-proyek ini rata-rata permasalahan lahan dan dampak sosial.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...