PTPN X Siapkan Rp 179 Miliar Bantu Kredit Petani Tebu

Image title
15 Mei 2018, 11:10
Perkebunan Tebu
Arief Kamaludin|KATADATA
Petani tebu

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X melalui Pabrik Gula Gempolkrep menyiapkan dana sebesar Rp 179 miliar untuk bantuan kredit kepada petaninya di di Mojokerto, Jawa Timur. Kredit ini untuk meningkatkan kesejahteraan petani agar produktivitas tebu meningkat.

"Mekanisme penyalurannya melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat) Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara)," ujar Direktur Utama PTPN X Dwi Satriyo Annurogo melalui keterangan resmi yang diterima Katadata.co.id, Senin (14/5).

Advertisement

Dia mengungkapkan komitmen PTPN X dalam meningkatkan pelayanan kepada petani di semua pabrik gulanya, tidak hanya di PG Gempolkrep. PTPN X juga berperan sebagai penjamin kredit kepada petani, memberikan bantuan bibit dan pupuk organik, bantuan kawalan budidaya, hingga bantuan perbaikan saluran irigasi.

(Baca: Ingin Saingi Starbucks, PTPN XII Jual Kopi Lewat Kafe Milik Sarinah)

Sebagai bentuk dukungan kepada kesejahteraan petani tebu, Menteri BUMN Rini Soemarno mengunjungi pabrik gula seluas 28,75 hektare dengan jumlah petani 4.275 orang. Dia menilai keberadaan PG Gempolkrep dapat mendorong produktivitas panen yang pada akhirnya juga mendorong perbaikan kesejahteraan petani.

"Harapan saya, dengan keberadaan pabrik ini, petani di sini lebih sejahtera dan mendapatkan kemudahan dan manfaat," ujar Rini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement