Grab Sediakan Tombol Darurat Bagi Pengguna

Desy Setyowati
21 Mei 2018, 13:19
Grab Taksi
Arief Kamaludin|KATADATA

Penyedia layanan transportasi online Grab Indonesia menghadirkan tombol Save Our Souls (SOS) bagi penumpang. Melalui fitur ini, pengguna bisa menyertakan tiga nomor orang terdekat yang akan langsung terhubung saat kondisi darurat.

Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menjelaskan, ketiga nomor tersebut akan diverifikasi oleh Grab terkait mau tidaknya menjadi kontak darurat dari pengguna yang bersangkutan. "Kalau tiga orang dan sudah diverifikasi, tingkat main-mainnya akan menurun," kata dia saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (21/5).

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna hanya perlu masuk ke menu pengaturan, lalu tekan tombol darurat, kemudian masukkan tiga nomor orang terdekat. Ketiga nomor ini bisa diganti sesuai kebutuhan pengguna.

Sepanjang perjalanan, tombol darurat akan muncul di aplikasi Grab. Dalam keadaan terdesak, pengguna bisa menekan tombol itu dan akan muncul perintah untuk mengirimkan pesan singkat atau sms. Dengan begitu, pesan darurat berikut dengan tautan keberadaan pengguna langsung terkirim ke kontak tersebut.

(Baca juga: Valuasi Go-Jek Dekati Grab yang Telah Beroperasi di 8 Negara)

Grab mengklaim, inisiden fatal yang terjadi di platform-nya mengalami penurunan signifikan dari 0.56 per 100 ribu pengguna aktif pada 2015 menjadi 0.11 pada 2017. Insiden fatal tersebut bisa berupa kecelakaan lalu lintas, perampokan, dan lain sebagainya. Angka ini diklaim jauh lebih rendah dari angka nasional yaitu 16.64 per 100.000 populasi.  

Ridzki berharap, dengan fitur ini tindakan penyelamatan bisa lebih cepat sehingga risiko berkurang. Saat ini, Grab juga tengah mengembangkan fitur sejenis yang memungkinkan pengguna terhubung langsung dengan kepolisian.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...