Kementerian ESDM Cari Formula Baru Harga Minyak Indonesia

Anggita Rezki Amelia
22 Mei 2018, 15:10
Pengeboran minyak lepas pantai.
KATADATA

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mencari formula baru harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP). Tujuannya agar harga minyak Indonesia bisa mendekati harga minyak internasional jenis Brent.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan selama ini ada selisih US$ 3 per barel antara ICP dan Brent. “Saya inginnya ICP itu mendekati Brent. Minimal setengah dolar lah,” kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (22/5).

Advertisement

Dengan selisih yang semakin kecil ada beberapa keuntungan yang diperoleh. Pertama, eksplorasi akan semakin bergairah. Kedua, penerimaan negara bisa bertambah dan tambahan itu bisa digunakan untuk meningkatkan subsidi.

Tidak hanya itu, jika ICP mendekati harga pasar internasional, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) tidak usah menjual minyaknya ke luar negeri. “Jual saja ke Pertamina,” ujar Djoko.

Saat ini, penetapan formula ICP tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 2556 K/12/MEM/2017. Namun, aturan itu hanya mengatur penetapan formula harga minyak mentah Indonesia periode Juli 2017 hingga Juni 2018.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement