Nilai Cost Recovery Capai Rp 48 Triliun, Investasi Rp 44 Triliun

Anggita Rezki Amelia
22 Mei 2018, 15:42
Ambil Alih Lapangan Migas Blok Mahakam
Arief Kamaludin|KATADATA
Suasana North Processing Unit (NPU) wilayah kerja Blok Mahakam di Kutai Kartanegara, Minggu (31/12). Pertamina resmi mengambil alih pengelolaan Blok Mahakam dari Total E&P Indonesie mulai 1 Januari 2018.

Selama empat bulan terakhir, pengembalian biaya operasi di industri hulu minyak dan gas atau cost recovery mencapai US$ 3,46 miliar. Dalam catatan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas), pengembalian sekitar Rp 48,4 triliun itu sekitar 34 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan anggaran yang dikembalikan kepada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) itu terhitung hingga 30 April 2018. “Per 30 April 2018, cost recovery sekitar 34 persen dari target Pemerintah,” kata Wisnu kepada Katadata.co.id akhir pekan lalu. Angka tersebut melonjak cukup besar dari posisi akhir Maret yang baru mencapai US$ 2,6 miliar.

Menurut Wisnu, realisasi cost recovery meningkat di antaranya untuk pengeboran sumur pengembangan, pengeboran sumur ulang (workover), dan perawatan sumur (well service). Selain itu untuk pemeliharan fasilitas dan beberapa hal lainnya terkait operasi produksi.

Capaian cost recovery hingga April 2018 itu pun masih tinggi jika dibandingkan realisasi investasi hulu migas empat bulan terakhir untuk kegiatan eksplorasi maupun eksploitasi. Selama Januari-April 2018, investasi hulu migas mencapai US$ 3,18 miliar atau sekitar Rp 44,5 triliun. (Baca: Target Investasi Sektor Energi Tahun Ini Turun 25%).

SKK Migas juga mencatat penerimaan negara dari sektor hulu migas pada periode yang sama sebesar US$ 5,51 miliar. Jumlah ini sekitar 46 persen dari target APBN 2018,

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...