Airbus Akan Tingkatkan Kerja Sama dengan PT Dirgantara Indonesia

Dimas Jarot Bayu
25 Mei 2018, 18:53
Pesawat Airbus
ANTARA FOTO/REUTERS/Fabian Bimmer
Wartawan dan tamu menyaksikan video Airbus A321LR dalam sebuah presentasi pesawat jarak jauh baru perusahaan di Hamburg-Finkenwerder, Jerman, Rabu (31/1).

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend mengatakan, pihaknya berencana memperluas kerja sama antara PT Dirgantara Indonesia (DI) dengan produsen pesawat Airbus SE. Kerja sama ini dalam rangka penguatan hubungan antara Indonesia dengan Uni Eropa.

Vincent mengatakan, selama ini PT DI memproduksi komponen pesawat dan helikopter untuk Airbus. Kerja sama tersebut telah dijalin oleh PT DI dan Airbus lebih dari 40 tahun sejak 1970an.

"Kalian mungkin tahu beberapa sparepart Airbus dibikin di Bandung dan kemudian dikirim ke seluruh penjuru dunia melalui produk pesawat Airbus," kata Vincent di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (25/5).

(Baca juga: PTDI Dapat Banyak Perjanjian Kerja Sama di Singapore Airshow 2018)

Menurut Vincent, kerja sama antara PT DI dan Airbus sudah berjalan cukup baik. Karenanya, Vincent menilai kerja sama ini perlu ditingkatkan.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menambahkan, perluasan kerja sama akan dilakukan untuk bagian komponen dari pesawat militer jenis EADS CASA C-295. Selain itu, perluasan juga akan dilakukan terhadap pembangunan Eurocopter.

"Kami mengharapkan nanti di Eurocopter pasarnya diperluas lagi," kata Airlangga.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...