Pengusaha Retail Siap Jual Beras Kemasan Sachet Bulog

Michael Reily
4 Juni 2018, 17:48
pedagang beras
ANTARA FOTO/Rahmad
Pedagang beras di Pasar Inpres Lhokseumawe, Aceh, Rabu (21/6).

Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) siap menjual beras dalam kemasan mini produksi Perum Bulog. Penjualan beras dalam ukuran sachet tersebut tengah dikaji untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Ketua Aprindo Roy Mandey menjelaskan, prinsip penjualan beras sachet sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat yang pendapatannya jangka pendek. “Ini sebuah strategi pasar,” kata Roy di Jakarta, Senin (4/6).

Peretail pun masih menunggu aturan dan kajian Bulog untuk penjualan beras kemasan mini kepada masyarakat. Ia memastikan pengusaha bakal menjalankan kebijakan pemerintah.

Aprindo pun tidak takut kehilangan pembeli karena target pasar yang berbeda. Roy mengungkapkan, kebanyakan gerai-gerai retail modern seperti supermarket dan minimarket saat ini menjual beras premium dalam kemasan ukuran 5 kilogram.

(Baca juga: Harga Daging Ayam dan Busana Naik, Inflasi Mei Rendah 0,21%)

Pasalnya, pembeli beras dalam ukuran yang lebih banyak punya segmen pasar pada masyarakat berpenghasilan tetap. “Masyarakat kelas menengah ke atas pasti membeli beras yang lebih banyak sebagai persiapan bulanan,” ujar Roy.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...