Permintaan Naik, Industri Manufaktur Pacu Produksi Setelah Lebaran

Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu - Ekarina
19 Juni 2018, 17:33
Pabrik Konveksi Pan Brothers
Katadata

Industri manufaktur diprediksi akan gencar mendorong produksinya setelah masa libur panjang Lebaran tahun ini. Peningkatan produktivitas tersebut diharapkan bisa berkontribusi positif terhadap pertumbuhan kinerja kuartal III 2018 dari periode sebelumnya.

“Kemarin moda transportasi barang sempat dibatasi dengan adanya liburan yang cukup lama dari biasanya. Tetapi ini bisa dikejar pada kuartal III nanti,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (19/6).

Menperin menyebut, momentum pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang berlangsung tahun ini di berbagai wilayah di Indonesia, bisa menjadi salah satu pendorong meningkatnya permintaan barang masyarakat. Dengan meningkatnya permintaan, secara otomatis industri manufaktur akan meningkatkan produktivitasnya.

(Baca : Momen Pilkada Bisa Dongkrak Bisnis Makanan & Minuman Tumbuh 10%)

“Apalagi nanti juga ada Pemilu, tentu demand produknya lebih banyak lagi,” ujarnya.

Airlangga pun menyebutkan, beberapa sektor manufaktur yang berpeluang tumbuh karena mendulang permintaan domestik yang tinggi selama bulan Ramadan dan pilkada, antara lain industri makanan dan minuman, industri tekstil dan produk tekstil (TPT), serta industri alas kaki. “Bahkan, industri printing juga akan meningkat,” ungkapnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat Usman justru mengungkapkan pendapat berbeda. Menurut Ade, demand tekstil dan produk tekstil (tpt) dalam negeri setelah momen hari raya Idul Fitri biasanya tak terlalu signifikan. Karena kebutuhan masyarakat akan baju baru akan lebih rendah dibanding sebelum Lebaran. Meski demikian, Ade menyebut potensi peningkatan permintaan justru ada di pasar ekspor, khususnya untuk jenis produk garmen.

"Mungkin (ekspor) akan tumbuh di atas 5% hingga akhir tahun," ujar Ade kepada Katadata, Selasa (19/6).

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...