Ke Inggris, Sri Mulyani Bahas Kondisi Pasar Uang hingga Brexit

Desy Setyowati
20 Juni 2018, 18:16
Katadata 6
Katadata
Menteri Keuangan, Sri Mulyani pada acara Katadata Forum dan peluncuran logo baru Katadata di Jakarta, Selasa, (08/05).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menemui Menteri Keuangan Inggris Philip Hammond dan para investor dalam kunjungannya ke London, Inggris. Dalam rangkaian pertemuan itu, ia memastikan kondisi perekonomian dan pasar uang Indonesia terkini, termasuk nilai tukar rupiah.

Pertama-tama, ia bersama Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara bertemu para investor dalam acara Bloomberg Executive Roundtable. "Kami memberikan update kebijakan ekonomi pemerintah dalam menghadapi perubahan ekonomi dunia yang sangat dinamis," ujar dia melalui akun Instagram resminya @SMIndrawati, Rabu (20/6).

Ia menjelaskan, saat ini Indonesia dihadapkan pada beberapa tantangan ekonomi dunia. Di antaranya, kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS) dan kebijakan moneter di Eropa yang berimbas pada keluarnya arus modal dari negara berkembang. Alhasil, dolar AS menguat terhadap banyak mata uang, termasuk rupiah yang saat ini berada di level Rp 13.902 per dolar AS.

(Baca juga: Waspadai Kenaikan Agresif Bunga AS, BI Pertimbangkan Kerek Bunga Acuan)

Belum lagi, dampak dari perang dagang antara AS dengan Tiongkok. Beberapa ekonom khawatir, perang dagang ini menurunkan volume perdagangan global yang berimbas pada pertumbuhan ekonomi dunia. Secara tidak langsung, ada kekhawatiran bahwa investor bakal mengalihkan uangnya ke instrumen yang dianggap aman atau safe haven. Lagi-lagi, hal itu akan semakin memperkuat dolar AS.

Sri Mulyani pun melanjutkan kegiatan dengan menemui investor surat utang (Fixed Income Investors) Indonesia. Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan kondisi ekonomi terkini Indonesia. "Kami juga mendapat masukan dan informasi terkait perkembangan negara berkembang seperti Argentina, Brazil, Turki yang sedang menghadapi gejolak," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...