Jokowi Minta Siapkan Pengamanan Bagi Delegasi IMF-World Bank

Ameidyo Daud Nasution
26 Juni 2018, 18:14
jokowi
Katadata | Arief Kamaludin

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pengamanan terhadap helatan akbar International Monetary Fund (IMF) - World Bank dipersiapkan dengan baik. Termasuk pengamanan bagi delegasi negara-negara yang hadir. Setidaknya ada lebih kurang 15 ribu delegasi dari 189 negara yang akan berkunjung ke Indonesia guna menghadiri acara tersebut.

"Saya kira (pengamanan) mulai dipersiapkan dari sekarang," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas soal persiapan pertemuan IMF dan World Bank di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/6). Selain keamanan, dalam rapat ini Jokowi juga meminta kesiapan pendukung acara seperti bandara hingga fasilitas dan tempat pertemuan acara ini dipastikan kepastiannya.

Jokowi juga menyerahkan kesiapan dukungan fisik infrastruktur penunjang kepada Gubernur terkait. Dia juga menargetkan pada bulan Juli mendatang pekerjaan fisik di titik-titik pelaksanaan pertemuan sudah rampung semua. "Tinggal persoalan (kesiapan) di bulan Oktober (pertemuan) saja," kata Jokowi.

(Baca: Luhut Janjikan Separuh Biaya Rapat Tahunan IMF Kembali ke Kas Negara)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengklaim persiapan penyelenggaraan Annual Meeting IMF-WB pada 12-14 Oktober 2018 berjalan baik. Persiapan mulai dari masalah hotel, keamanan, infrastruktur, hingga evakuasi bencana telah dilakukan sesuai rencana. "Kami laporkan semua persiapan on the right track, tidak ada pending issue," kata Luhut. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...