SBY-JK Bertemu, Demokrat Tawarkan Golkar Koalisi di 2019

Dimas Jarot Bayu
26 Juni 2018, 15:26
Wapres Kalla
Arief Kamaludin (Katadata)
Wakil Presiden Jusuf Kalla ditawarkan maju pilpres berpasangan dengan AHY.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengunjungi kediaman mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Mega Kuningan Timur, Jakarta, Senin (25/6) malam. Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu, Kalla hadir bersama istrinya, Mufidah Jusuf Kalla.  Sementara SBY ditemani Ani Yudhoyono dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengatakan pertemuan antara SBY-JK tersebut dilakukan sebagai ajang silaturahmi antara dua tokoh pemimpin nasional. Silaturahmi ini dalam suasana kekeluargaan setelah perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Ini sebagai silaturahmi sesama pemimpin bangsa," kata Hinca ketika dihubungi Katadata.co.id, Selasa (26/6).

(Baca juga: Alasan JK Enggan Jadi Cawapres 2019, Bukan Semata soal Konstitusi)

Meski dalam rangka silaturahmi, Hinca berharap pertemuan tersebut membuka peluang bagi Demokrat membentuk koalisi alternatif dengan Golkar pada Pilpres 2019. Menurut Hinca, baik SBY maupun JK merupakan sosok nasional yang lekat dengan kedua partai tersebut.

Dia berharap, pertemuan tersebut akan membuat hubungan Golkar dan Demokrat makin mesra ke depan. "Jika PDIP saat ini sudah ada koalisinya, begitu juga Gerindra, maka diharapkan pertemuan ini membuka peluang Koalisi alternatif Golkar-Demokrat," kata Hinca.

Golkar saat ini telah mengusung Presiden Joko Widodo dalam Pilpres 2019. Namun demikian, Hinca menilai peluang koalisi alternatif antara Demokrat dan Golkar masih mungkin terjadi.

"Dalam politik tidak ada yang tidak mungkin," kata dia. (Baca: Survei Populi: Elektabilitas Jusuf Kalla Tertinggi sebagai Cawapres).

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...