Sepeda Motor Bebas dari Pembatasan Kendaraan Asian Games

Ameidyo Daud Nasution
26 Juni 2018, 16:16
Pengendara Motor
Arief Kamaludin | Katadata

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memastikan tidak ada pengaturan ataupun pembatasan bagi sepeda motor selama Asian Games 2018. Pertimbangannya terkait polusi yang dikeluarkan kendaraan roda empat ataupun di atasnya seperti truk jauh lebih besar.

"Kami tidak atur (pembatasan sepeda motor) karena roda empat dan truk yang tinggi polusinya," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono di Jakarta, Selasa (26/6).

Dengan demikian, sepeda motor akan terbebas dari kebijakan ganjil - genap yang dipeluas hingga wilayah Pondok Indah, jalan Ahmad Yani (By Pass), Jalan Benyamin Sueb (Kemayoran), Jalan Rasuna Said, Jalan M. T. Haryono, serta Jalan S. Parman. Meski begitu, sepeda motor dan kendaraan lainnya tidak boleh melintasi wilayah Senayan di mana lokasi helatan Asian Games dilangsungkan.

(Baca Ekonografik: Aturan Ganjil Genap Selama Asian Games 2018)

Untuk mengurangi kepadatan kendaraan saat Asian Games 2018, BPTJ memberlakukan perluasan kebijakan ganjil genap hingga wilayah disebutkan di atas. Selain itu waktu pelaksanaan aturan tersebut diperpanjang menjadi Senin hingga Minggu pukul 06.00 hingga 21.00.

Bambang memahami adanya keberatan masyarakat lantaran perluasan dan perpanjangan waktu plat nomor ganjil genap ini. Namun menurut dia, pertaruhan kesuksesan penyelenggaraan Asian Games akan terlihat dari kemacetan kendaraan yang berkurang, sehingga atlet dapat bertanding tepat waktu.

Oleh sebab itu dirinya meminta masyarakat mendukung kebijakan ini. "Karena kalau tidak berhasil kami (pemerintah) yang dipermalukan," kata Bambang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...