Arcandra: Biaya Proyek IDD Dipangkas Jadi Sekitar US$ 6 Miliar

Anggita Rezki Amelia
27 Juni 2018, 09:53
IPA 2017
Arief Kamaludin|Katadata
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar memberikan tinjauan persoalan migas di stand pamer Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu, (17/5).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengklaim adanya pemangkasan biaya Proyek Ultra Laut Dalam (Indonesia Deepwater Development/IDD) Gendalo-Gehem. Pemangkasan ini membuat biaya penggantian biaya operasional yang harus dibayar pemerintah (cost recovery) juga berkurang.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan pembahasan proyek IDD Gendalo-Gehem sudah dimulai sebelum puasa. Adapun puasa dimulai 17 Mei 2018. Pembahasan itu pun melibatkan induk Chevron yang berada di Houston, Amerika Serikat.  

Arcandra menyebutkan awalnya Chevron meminta US$ 12,8 miliar. Itu sesuai proposal yang diajukan pada tahun 2014. Namun, pemerintah tidak menyetujui usulan tersebut. Bahkan, saat Chevron mengajukan biaya sebesar US$ 9 miliar pada tahun 2016 pun ditolak pemerintah.

Menurut Arcandra, tingginya biaya Proyek IDD karena teknologi yang digunakan tidak pas. Akan tetapi, melalui beberapa pembahasan, bahkan sempat ke Amerika Serikat, pihak Chevron sepakat menurunkan biaya tersebut.

Arcandra mengklaim Chevron bersedia mengurangi biaya Proyek IDD Gendalo-Gehem menjadi sekitar US$ 6 miliar. Saat ini, proposal itu masih dalam tahap diskusi dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). “Cuttting jadi sekitar US$ 6 miliar. Nanti saya lihat tanggal 28 Juni, benar atau tidak tidak janjinya segitu,” kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (26/6).

Pihak Chevron tidak membantah ataupun membenarkan nilai investasi tersebut. Senior Vice President Policy, Government and Public Affairs Chevron Indonesia, Yanto Sianipar mengatakan studi dan konsep kelayakan pekerjaan keteknikan dan desain (pre-Front End Engineering and Design) proyek IDD yang telah dimulai pada Desember 2017 berjalan baik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...