9 Ruas Tol Trans Jawa Akan Dioperasikan Juli-Desember 2018

Ameidyo Daud Nasution
28 Juni 2018, 12:38
Tol Trans Jawa
Kementerian PUPR
Tol Trans Jawa

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan 9 ruas tol Trans Jawa akan dioperasikan pada Juli hingga Desember tahun ini. Ini merupakan usaha pemerintah untuk dapat menghubungkan jalan tol dari Merak hingga Banyuwangi sepanjang 1.150 kilometer pada akhir tahun depan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dua tol yakni Pejagan - Pemalang dan Solo - Sragen akan diresmikan bulan depan. Untuk September, ruas Tol Sragen - Ngawi dan Porong - Gempol siap dioperasikan menyusul tol Salatiga - Kartasura pada Oktober.

Pada November, tol Pemalang - Batang dan Batang - Semarang siap diresmikan secara penuh. Sedangkan tol Wilangan - Kertosono serta tol Pasuruan - Grati - Probolinggo siap digunakan secara penuh pada bulan Desember 2018 mendatang. "Pejagan - Pemalang dan Solo - Sragen sudah 100 persen dan siap dioperasikan," kata Basuki dalam keterangan resmi Kementerian PUPR, Kamis (28/6).

Basuki mengungkapkan dalam pembangunan jalan tol ini, pemerintah tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pendanaannya juga menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Selain itu pembiayaan penuh swasta juga digunakan dalam tol yang layak secara ekonomi dan finansial.

"Dengan demikian APBN bisa difokuskan bagi infrastruktur membutuhkan investasi langsung pemerintah," kata Basuki. (Baca: Kementerian PUPR Targetkan 9 Proyek Bendungan Rampung Tahun Ini)

Kehadiran tol Trans Jawa ini juga ditujukan untuk meningkatkan konektivitas pulau Jawa dan menurunkan ongkos logistik. Apalagi pulau ini memiliki kontribusi lebih dari 50 persen dari pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu pemerintah menjanjikan kehadiran jalan bebas hambatan tetap mendorong berkembangnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di rest area.

"Kreativitas Pemda sangat penting dalam memfasilitasi perkembangan UMKM," demikian keterangan Kementerian PUPR.

Selain dua tol yang telah rampung, progres pekerjaan fisik tol Sragen - Ngawi saat ini sudah mencapai 96 persen dan tol Porong - Gempol 76 persen. Sedangkan progres fisik tiga tol yang akan beroperasi Oktober dan November berkisar antara 70 hingga 78 persen. Adapun pekerjaan tol Wilangan - Kertosono dan Pasuruan - Grati - Probolinggo masing-masing mencapai 70 dan 36 persen.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...