Tiga Rencana Kerja PGN Setelah Akuisisi Pertagas

Anggita Rezki Amelia
3 Juli 2018, 17:34
Perusahaan Gas Negara (PGN)
Arief Kamaludin|KATADATA
Perusahaan Gas Negara (PGN)

PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk sudah memetakan sejumlah rencana dalam menjalankan bisnis gas ke depan pascaakuisisi 51% saham PT Pertamina Gas (Pertagas). Rencana kerja itu harapannya bisa meningkatkan penerimaan perusahaan.

Rencana pertama adalah menghilangkan tumpah tindih jaringan transmisi gas. Tujuannya menurunkan biaya akibat duplikasi yang terjadi sebelum ada akuisisi. "Kami bisa turunkan capital expenditure untuk yang duplikasi," kata Direktur Utama PGN, Jobi Triananda Hasjim di Jakarta, Selasa (3/7).

Kedua, penghentian sementara pemasangan dan penyaluran gas ke konsumen untuk meminimalisir duplikasi pelanggan. Saat ini pelanggan PGN mencapai 200-300 ribu dan Pertagas 150 pelanggan yang kebanyakan berasal dari sektor industri.

"Jadi Pertagas Niaga itu kan menyediakan untuk ratusan customer. Sedangkan kami sudah ribuan. Jadi nanti akan ada penugasan produk tertentu supaya pelanggan tidak bingung," kata Jobi.

Ketiga, menjalankan proyek integrasi jaringan pipa Jawa Barat dan Jawa Timur. Ini penting sebab selama ini kedua wilayah tersebut belum terhubung jaringan gas. Namun sayang Jobi belum mau merinci detail mengenai proyek tersebut.

Dengan rencana yang sudah dibuat itu, Jobi berharap rasio pemakaian gas di Indonesia terus meningkat. Apalagi PGN memiliki target besar untuk memperluas jaringan gas ke seluruh Indonesia ke depan.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...