Terancam Digugat PGN, Petronas Masih Cari Solusi Lapangan Kepodang

Anggita Rezki Amelia
4 Juli 2018, 18:35
Petronas
Arief Kamaludin|KATADATA

Petronas Carigali Indonesia terus mencari cara untuk menyelesaikan kondisi kahar di Lapangan Kepodang. Ini merespons rencana PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk  mengajukan arbitrase akhir bulan ini.

Senior Manager Corporate Affairs & Administration Petronas Carigali Indonesia Andiono Setiawan mengatakan solusi itu masih dalam pembahasan. "Kami sedang membicarakan dengan semua pihak terkait masalah ini untuk mencari solusi yang bisa diterima oleh semua pihak," kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (4/7).

Sayang Andiono belum mau merinci mengenai target pemenuhan kewajiban. Padahal kekurangan pasokan gas terjadi sejak 2016 lalu.

Atas kekurangan itu, PGN berencana menggugat arbitrase Petronas Carigali Muriah Limited. "Programnya sih harusnya akhir Juli ini kami ajukan," kata Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Dilo Seno Widagdo di Jakarta, Selasa (3/7).

Menurut Dilo pengajuan arbitrase tidak diajukan di Indonesia atau Singapura, melainkan di Hongkong. Ini sesuai dengan bunyi di dalam kontrak antara KJG dan Petronas.

Arbitrase ini merupakan upaya terakhir yang ditempuh dalam suatu perjanjian jual beli apabila salah satu pihak tidak melaksanakan apa yang dijanjikan atau wanprestasi. "Kalau salah satu wanprestasi ya kami ajukan arbitrase," kata Dilo.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...