Pertamina Jamin Bright Gas 3 Kg Tak Kurangi Pasokan LPG Subsidi

Image title
5 Juli 2018, 11:16
Uji Pasar Elpiji 3 Kg Nonsubsidi
Pertamina

PT Pertamina (Persero) menjamin kehadiran Bright Gas tiga kilogram (3 kg) tidak akan mengurangi pasokan elpiji (Liquefied Petroleum Gas/LPG) subsidi. Ini karena kehadiran elpiji nonsubsidi berwarna merah jambu itu untuk memberikan pilihan kepada masyarakat.

Menurut External Communication Manager Pertamina Arya Dwi Paramita, Bright Gas 3 kg juga memiliki pangsa pasar yang berbeda, sehingga tak akan berdampak pada elpiji berwarna hijau. “Bright Gas 3 kg tidak berdampak pada pengurangan peredaran elpiji subsidi,” kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (4/7).

Elpiji yang baru diuji pasar di Jakarta dan Surabaya ini juga memiliki kelebihan double spindle valve system (teknologi katup ganda). Sistem itu bisa mencegah kebocoran gas sehingga penggunaannya lebih aman.

Pertamina pun terus mengawasi peredaran gas elpiji nonsubsidi ini sampai tingkat agen. Tujuannnya mencegah adanya penyelewengan, seperti pengoplosan gas elpiji subsidi ke nonsubsidi.

Perusahan milik negara itu juga bersinergi dengan lembaga dan pihak terkait, termasuk pemerintah daerah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah; serta Kepolisian. “Tentunya kami juga membuka jalur komunikasi langsung dari masyarakat untuk menyampaikan pengaduan atau keluhan melalui nomor telepon 1 500 000,” ujar Arya.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto juga menyampaikan tidak ada pengurangan elpiji subsidi dengan kehadiran produk baru itu. “Karena ini untuk menengah ke atas,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...