Rupiah Terus Melemah, Cadangan Devisa Turun di Bawah US$ 120 Miliar

Rizky Alika
6 Juli 2018, 19:30
Uang dolar
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi mata uang dolar.

Cadangan devisa per Juni 2018 tergerus di bawah US$ 120 miliar seiring membesarnya kebutuhan intervensi pasar untuk menjaga nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa hingga akhir Juni 2018 sebesar US$ 119,8 miliar atau turun US$ 3,1 miliar dari akhir bulan sebelumnya.

"Penurunan cadangan devisa pada Juni terutama dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah dan stabilisasi nilai tukar rupiah di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang masih tinggi," demikian tertulis dalam siaran pers BI, Selasa (6/7).

Advertisement

 (Baca juga: BI Jaga Rupiah, Cadangan Devisa Diramal Turun ke Bawah US$ 120 Miliar)

Meski turun, BI menyatakan posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,2 bulan impor atau 6,9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

"Cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan."

Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik, serta kinerja ekspor yang tetap positif.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement