Setelah 20 Tahun, Akhirnya Barito Pacific Bagikan Dividen Tahun Ini

Image title
18 Juli 2018, 14:13
Barito Pacific
www.barito-pacific.com

Setelah 20 tahun absen memberikan keuntungan bagi pemegang sahamnya, tahun ini PT Barito Pacific Tbk (BRPT) memutuskan membagikan dividen senilai US$ 30 juta atau Rp 432 miliar. Jumlah dividen yang dibagikan sebesar 25% dari laba bersih 2017 sebesar US$ 118 juta.

Direktur Utama BRPT Agus Salim Pangestu mengatakan penyisihan laba tersebut sebagai wujud komitmen perusahaan kepada investor. Terutama pada investor publik yang selama ini telah memberikan kepercayaan kepada manajemen dalam mengembangkan bisnis perusahaan. 

Advertisement

"Kami berkeyakinan bahwa akuisisi Star Energy juga akan meningkatkan profitabilitas dan memberikan arus kas yang lebih stabil yang pada akhirnya memberikan dasar untuk melakukan pembagian dividen di masa mendatang," ujar Agus Salim dalam keterangannya, Rabu (18/7).

(Baca: Barito Pacific Targetkan Kontribusi Laba 50% dari Star Energy)

Selama 20 tahun ini, manajemen BRPT fokus dalam pengembangan struktur usaha sejumlah anak usaha dan ekspansi bisnis. Hal ini membuat dalam kurun waktu tersebut, perusahaan milik Prayogo Pangestu ini menahan dividen untuk kepentingan ekspansi bisnis dan dan perluasan usaha perusahaan. 

Pembagian dividen ini dilakukan termasuk untuk saham baru yang telah diterbitkan melalui rights issue sebelumnya. Melalui aksi korporasi tersebut, BRPT menerbitkan 3,83 miliar saham baru. Dengan demikian, BRPT akan memberikan dividen tunai sebesar Rp 24,43 per saham. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement