Upaya ExxonMobil Genjot Produksi Blok Cepu Hingga 220 Ribu Bph

Anggita Rezki Amelia
18 Juli 2018, 20:14
Blok Cepu
Katadata

ExxonMobil, selaku operator, terus menggenjot produksi minyak bumi Lapangan Banyu Urip di Blok Cepu hingga 220 ribu barel per hari (bph) tahun depan. Salah satunya caranya dengan memasang alat di fasilitas produksi Banyu Urip.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan yang akan dipasang di fasilitas produksi itu adalah alat pendingin. Pemasangan alat pendingin itu rencananya akan selesai akhir tahun ini.

Advertisement

Alat pendingin ini nantinya bisa menstabilkan produksi Lapangan Banyu Urip. Selama ini produksi di blok itu tidak stabil. Di malam hari, produksi bisa mencapai 215 hingga 218 ribu bph. Namun, ketika siang produksi itu turun di bawah 215 ribu bph.

Dengan pemasangan alat itu harapannya bisa meningkatkan produksi. "Itu bisa meningkatkan produksi sampai 220 ribu bph," kata Djoko di Kementerian ESDM, Selasa (18/7).

Peningkatan produksi Banyu Urip hingga 220 ribu bph itu menurut Djoko masih sesuai dengan revisi Analisis dan dampak lingkungan (Amdal) yang dikeluarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun lalu. Namun, mengenai tambahan biaya yang bisa nantinya juga diganti pemerintah, belum bisa dipublikasikan.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement