Iriana Jokowi Minta UMKM Pasarkan Produk secara Online

Desy Setyowati
20 Juli 2018, 12:07
UMKM
Donang Wahyu | Katadata

Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) mengimbau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar lebih kreatif dan memahami selera pasar. Selain itu, UMKM perlu memasarkan produknya secara online baik melalui e-commerce, media sosial, ataupun membuat situs sendiri.

"UMKM itu penggerak ekonomi daerah, harus terus meningkatkan kreativitas, pahami selera pasar, dan kembangkan metode pemasaran termasuk online," ujarnya saat membuka  pameran UMKM bertajuk 'Karya Kreatif Indonesia 2018' di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Kamis (20/7).

Advertisement

Pada kesempatan itu, ia mengundang salah satu binaan Bank Indonesia (BI) untuk maju ke panggung. Nurbaeti pengrajin kain tapis pun mengajukan diri untuk tampil. Ia bercerita, sudah membuat kain tapis sejak kelas 5 Sekolah Dasar (SD). Sejak dibina BI dua tahun lalu, ia merasa mental dan keinginan untuk berusaha sendiri meningkat.

Kini, ia bekerja sama dengan 29 orang lainnya memproduksi kain tapis untuk dijual langsung atau sebagai pakaian. Bahkan, ia memproduksi kain tapis yang bisa disambungkan dengan kain lain termasuk tenun ataupun batik. "Saya bersyukur hasil karya saya menang lomba nasional. Apapun kain yang diminta, kami sudah bisa pasang tapis," ujarnya.

(Baca juga: Saingi Batik, Tenun Ikat Incar Pasar Seragam Korporasi)

Mendengar cerita itu, Iriana meminta Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf memberi pelatihan kepada Nurbaeti dan rekan-rekannya terkait pengemasan yang baik. Sebab, menurutnya kemasan produk Nurbaeti yang berbentuk kotak saja, sangatlah biasa. Ia pun mengimbau Nurbaeti untuk sering mengikuti pameran guna memperluas relasi.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement