Trump Habiskan Rp 3,9 Miliar untuk Beriklan di Facebook

Desy Setyowati
20 Juli 2018, 10:57
Donald Trump
ANTARA/Reuters/Lucas Jackson

Donald Trump rupanya tak berhenti berkampanye meski telah dilantik sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat sejak Januari 2017. Ia dilaporkan telah menghabiskan dana kampanye sebesar US$ 274 ribu, atau sekitar Rp 3,9 miliar untuk beriklan di Facebook dalam waktu kurang dari 3 bulan, sejak Mei 2018.

Dikutip dari laporan New York Times, pengeluaran sebesar itu menjadikan Trump sebagai politisi yang paling boros beriklan di Facebook. Peneliti New York University yang mengumpulkan data dari Facebook menyatakan, iklan politik Trump menjangkau 37 juta pengguna jejaring sosial itu di Negeri Paman Sam.

Advertisement

Dalam iklan-iklannya, Trump tak hanya mempromosikan berbagai program pemerintah. Ia juga menggunakan Facebook untuk memperkenalkan tokoh-tokoh yang disokongnya. Salah satu contoh iklannya adalah mempromosikan Brett Kavanaugh sebagai calon hakim Mahkamah Agung.

Toh, Facebook hanya bagian kecil dalam skema anggaran kampanye Trump. Berdasarkan laporan Komisi Pemilihan Umum Federal (The Federal Election Commission/FEC), Trump menghabiskan US$ 7 juta atau sekitar Rp 100,1 miliar untuk beriklan sepanjang semester I-2018.

(Baca juga: Susul Facebook, Twitter dan Google Perketat Iklan Politik)

"Sebanyak US$ 2,8 juta atau Rp 40 miliar (digunakan Trump) untuk konsultasi digital dan iklan online," sebagaimana tertulis dalam arsip FEC dikutip dari Business Insider, Kamis (19/7).

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement