Telkomsel Tawarkan Solusi Digital bagi UKM

Desy Setyowati
23 Juli 2018, 15:01
telkomsel.jpg

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menawarkan solusi bisnis bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui myBusiness Store. Dengan begitu, Telkomsel menargetkan kontribusi bisnis enterprise yang saat ini hanya 4% akan bertambah.

Saat ini, pendapatan Telkomsel masih didominasi oleh pelanggan retail. "Kami proyeksi (kontribusi bisnis enterprise terhadap pendapatan Telkomsel) 9% pada 2021," kata Vice President Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel Arief Pradetya saat Media Update di Kafein SCBD, Jakarta, Senin (23/7).

Sebelumnya, Telkomsel lebih banyak menyasar perusahaan-perusahaan besar, sementara ceruk bisnis UKM baru digarap sejak 2016. Namun, jumlah mitra UKM tumbuh dengan cepat. "Dari 20 ribu tergabung di enterprise, hanya 3 ribu yang besar. Sisanya UKM," kata dia. 

Arief menyampaikan, myBusiness Store merupakan one stop solution portal untuk UKM. Solusi yang ditawarkan, misalnya, paket internet dari Telkomsel. "Yang tidak pakai Telkomsel tetap bisa pakai myBusiness Store," ujarnya.

(Baca juga: Media Sosial, Big Data, dan Strategi Politik)

Lalu, layanan point of sales (POS) atau kasir dan penyusunan laporan keuangan melalui kerja sama dengan MOKA dan e-accounting. Ada pula layanan productivity suites yang terselenggara atas kolaborasi Telkomsel dengan Microsoft dan Google. Kemudian, layanan manajemen karyawan hasil kerja sama dengan Gadjian dan Hadirr.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...