Bekraf Bawa Dangdut ke Festival Industri Kreatif di AS

Desy Setyowati
26 Juli 2018, 20:09
Tech in Asia
Arief Kamaludin|KATADATA
Jumlah pendanaan startup hingga kuartal II-2016 mencapai Rp 2,09 triliun, atau melonjak tinggi dibandingkan kuartal sama tahun lalu sebesar Rp 68,4 miliar.

Indonesia kembali diundang untuk hadir dalam festival seni kreatif dan teknologi, South by Southwest (SXSW) di Amerika Serikat (AS), pada 8-17 Maret 2019. Telah tiga kali hadir di festival ini, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan menghadirkan program baru yakni Hello Dangdut.

Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Puji Mulia Simanjuntak menyampaikan, ide membawa dangdut ke pasar internasional sudah lama dikaji. "Untuk bisa dibawa ke pasar internasional, harus dihadirkan di acara yang pengunjungnya open minded. SXSW ini cocok," kata dia saat konferensi pers di Djakarta Theater, Jakarta, Kamis (26/7).

Advertisement

Untuk program Hello Dangdut, pendiri Aksara Records, David Tarigan telah ditunjuk sebagai pengelola. Saat ini, ia masih mengkaji selera musik masyarakat AS. Ia pun berkonsultasi dengan para pemusik di Negeri Paman Sam. "Kami kaji ke pemusik sampai DJ di sana. Mungkin wujudnya akan seperti club dangdut," kata sepupu DJ Dipha Barus ini.

(Baca juga: Bekraf Boyong 14 Merek Fesyen Cari Mitra dan Investor di Singapura)

Selain itu, tentunya Bekraf bakal memboyong perusahaan rintisan yang inovatif untuk menampilkan produknya di festival tersebut. Di antara produk yang bakal diperkenalkan pada ajang SXSW adalah simulasi kendaraan oleh Saft7Robotics.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement