Pemerintah Bakal Aktifkan Lagi Kilang TPPI

Michael Reily
30 Juli 2018, 22:06
Kilang Minyak
KATADATA
Kilang Minyak

Pemerintah tengah mengkaji untuk mengaktifkan kembali aset milik PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI). Adapun salah satu aset yang dimiliki TPPI adalah kilang minyak di Tuban, Jawa Timur.   

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan selama ini Kilang TPPI tidak beroperasi karena terjerat warisan masa lalu. Warisan itu berupa utang dari pihak lain yang dikonversi menjadi multiyear bond.

Jadi agar aset TPPI bisa bekerja secara optimal, pemerintah ingin perusahaannya sehat terlebih dulu. “Pada dasarnya, kami ingin supaya aset itu produktif. Kami ingin supaya perusahaannya bisa menjadi sehat kemudian bisa bekerja secara optimal dengan melakukan beberapa keputusan pada sisi status piutang,” ujar dia di Jakarta, Senin (30/7).

Rencana itu pun suda dibahas dalam rapat koordinasi terbatas di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta. Selain Sri Mulyani, ada beberapa peserta rapat lainnya yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman dan pihak Kementerian Perindustrian.

Meski begitu, Sri Mulyani masih belum mau membeberkan besaran utang yang harus dilunasi. “Nanti saja setelah sudah selesai,” ujar dia.

Adapun Darmin mengatakan selama ini aset TPPI selama ini tidak beroperasi secara konsisten bahkan terkadang tak beroperasi. Jadi nantinya kilang ini akan dikelola Pertamina. Alasannya perusahaan pelat merah itu merupakan salah satu kreditur.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...