Kilang TPPI Beroperasi, Pertamina Bisa Hemat Dolar 15 Persen

Image title
Oleh
28 September 2015, 17:16
Katadata
KATADATA
Kilang TPPI

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) menargetkan bisa memulai pengoperasian kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) dalam pekan ini atau awal Oktober 2015. Pengoperasian kilang ini akan menghemat belanja devisa Pertamina hingga 15 persen.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan saat ini pihaknya harus mengimpor BBM sebesar 700.000 barel setiap hari, untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri. Kebutuhan dolar untuk melakukan impor BBM tersebut sangat besar, mencapai US$ 70 juta ? US$ 80 juta per hari.

Dengan kapasitas kilang TPPI yang mencapai 100.000 barel per hari, Pertamina bisa mengurangi impor BBM dengan besaran volume tersebut. "Kalau sepertujuh, (impor BBM yang bisa dikurangi) kira-kira sekitar US$ 10 juta per hari," kata dia di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (28/9).

(Baca: Sulit Cari Dolar, Pertamina Upayakan Beli Minyak Pakai Rupiah)

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan pengoperasian kilang TPPI akan dimulai dengan kapasitas produksi awal pada level 20.000 barel per hari. Kapasitas produksi nantinya akan ditingkatkan menjadi sekitar 50.000 - 55.000 barel per hari. Produk BBM yang dihasilkan adalah light naphtha,kerosenesgas oilfuel oilmogas, dan liquefied petroleum gas (LPG). Sementara untuk produk aromatik diantaranya paraxyleneorthoxylenebenzenetoluene, danmixedxylene.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...