Jokowi Segera Luncurkan Program Mandatori Biodiesel 20%

Ameidyo Daud Nasution
31 Juli 2018, 17:24
biodiesel
Katadata | Arief Kamaludin

Pemerintah akan meluncurkan program penggunaan bahan bakar minyak (BBM) biodiesel  20% atau B20 pada Agustus 2018. Rencananya penerapan B20 akan diluncurkan saat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 2-12 Agustus 2018.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan penggunaan biodiesel diterapkan secara bertahap. "Kami mulai B20 dulu, sehingga dengan demikian kita bisa meningkatkan penggunaan B20 itu sekaligus mengurangi impor biosolar," katanya di Istana Bogor, Selasa (31/7/2018).

(Baca juga: Revisi Perpres Perluasan B20 Ditargetkan Terbit Bulan Depan)

Penerapan kewajiban B20 diperkirakan akan menghemat impor bahan bakar minyak jenis solar sebanyak 3,5 juta hingga 4,5 juta kiloliter per tahun. Sebelumnya Darmin pernah mengatakan total nominal penghematan negara dari penggunaan biodiesel mencapai US$ 5,5 miliar per tahun.

Saat ini payung hukum Peraturan Presiden (Perpres) kebijakan tersebut telah usai dirancang dan siap ditandatangani Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Sekarang sedang dalam proses tanda tangan," kata Darmin.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...