Menteri PUPR Ajak Pengusaha Bahas Penolakan RUU Sumber Daya Air

Ameidyo Daud Nasution
1 Agustus 2018, 19:44
air kemasan aqua
Agung Samosir|KATADATA

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan akan mengundang para pengusaha air minum dalam waktu dekat. Dia ingin mendiskusikan beberapa poin yang ditolak pengusaha dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Sumber Daya Air (SDA).

Basuki mengatakan walaupun mata air harus dikuasai negara, namun pengusahaan air minum oleh swasta tidak dilarang. Makanya, dia ingin berbicara dengan para pengusaha Air Minum Dengan Kemasan (AMDK) untuk mencari titik temu mengenai hal ini.

"Nanti saya perintahkan Direktur Jenderal Sumber Daya Air (bicara), karena yang paling ramai penolakannya di situ (pengusaha AMDK)," kata Basuki di Jakarta, Rabu (1/8). (Baca: Keberatan RUU SDA, Pengusaha Air Minum Swasta Akan Surati Jokowi)

Dirinya memastikan pemerintah tidak akan mengesampingkan kepentingan pengusaha dalam pembahasan RUU SDA. Apalagi, payung hukum ini akan digunakan seluruh lapisan masyarakat, termasuk pengusaha air minum. Beberapa poin yang dikeluhkan pengusaha ini akan dibahas kembali, sebelum Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mulai bersidang.

Dia berharap semua aturan dalam RUU SDA dikaji secara matang. Makanya pembahasan aturan ini dengan Komisi V DPR tak perlu dilakukan tergesa-gesa. Dengan begitu, tidak ada lagi penolakan dan judicial review atau peninjauan kembali payung hukum ini di Mahkamah Konstitusi (MK).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...