Nicke dan Amien Sunaryadi, Calon Kuat Dirut Baru Pertamina

Ameidyo Daud Nasution
2 Agustus 2018, 17:47
Nicke
ANTARAFOTO | Widodo S. Jusuf
Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati bersama Menteri ESDM Ignasius Jonan saat pembukaan acara Pertamina Digital Expo di Jakarta, 25 April 2018.

Kursi Direktur Utama PT Pertamina (Persero) yang definitif tampaknya akan segera terisi. Pelaksana tugas (Plt) Dirut Pertamina saat ini, Nicke Widyawati, dan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi dikabarkan menjadi kandidat kuat pengisi posisi tersebut --yang sudah kosong sejak Elia Massa Manik dicopot April lalu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata.co.id, ada empat nama yang masuk ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka adalah Amien, Nicke, Direktur Utama PT Semen Gresik Tbk Hendi Prio Santoso, dan mantan Direktur Pemasaran & Niaga Pertamina Hanung Budya.

"Ada empat calon, tapi yang terkuat Nicke dan Kepala SKK Migas," kata sumber Katadata.co.id. Bahkan, Nicke sebagai salah satu kandidat kuat Dirut Pertamina, telah menemui Presiden pada Kamis siang (2/8), pukul 13.00 WIB, di Istana Merdeka.

Pertemuan yang berlangsung kurang lebih satu jam itu salah satu tujuannya untuk mewawancarai Nicke. “Soal pemanggilan memang untuk membahas Pertamina 1 (Direktur Utama). Calon kuatnya memang Nicke," kata sumber lain Katadata

Namun, Nicke membantah informasi tersebut. Ia mengaku pertemuan dengan Presiden hanya membahas beberapa proyek kilang minyak yang sedang digarap Pertamina. Beberapa proyek kilang yang menjadi sorotan adalah Balikpapan dan Tuban. “Minta dijalankan sesuai rencana," ujar Nicke.

Pihak Istana pun belum mau buka suara. Juru Bicara Presiden Johan Budi menyatakan tidak tahu mengenai alasan pemanggilan Nicke.  "Saya tidak tahu menahu soal itu."

Nicke menjabat Pelaksana tugas Direktur Utama Pertamina sejak Elia Massa Manik lengser 20 April 2018.  Lulusan Institut Teknologi Bandung ini sebelum di Pertamina berkarier sebagai Direktur Perencanaan Korporat PT PLN (Persero).

Ia juga pernahmenjadi Direktur Utama PT Mega Eltra. Kemudian Direktur Bisnis dan Vice President Corporate Strategy Unit (CSU) di PT Rekayasa Industri (Rekind).

(Baca: Jadi Plt Dirut Pertamina, Nicke Akan Teruskan Program Lama)

Penantang Nicke

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...