BPJS Kesehatan Akan Seleksi Performa Rumah Sakit terkait Pembiayaan

Michael Reily
3 Agustus 2018, 07:00
TARGET PROGRAM JKN 2017
ANTARA FOTO/Jojon
Pasien peserta BPJS didorong keluarganya menggunakan kursi roda usai pemeriksaan di RS Bahteramas, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (13/3). Tahun 2017 BPJS menargetkan keanggotaan untuk program keanggotaan Jaminan Kesehatan Nasional atau JKN tercapai 3 juta peserta.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus mencari formula untuk melakukan efisiensi anggaran dan menekan defisit. Badan asuransi kesehatan milik pemerintah  itu berencana  menyeleksi rumah sakit berdasarkan kinerjanya guna penyaluran pembiayaan. 

Deputi Direksi Bidang Jaminan Pelayanan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan Budi Mohammad Arief menyatakan akan melakukan sistem penilaian  yang akan berkoordinasi dengan Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi).

"Persi akan memberikan masukan,  sehingga tidak semua rumah sakit akan dibayar sama. Indikatornya nanti akan kita tetapkan," kata Budi di Jakarta, Kamis (2/8). 

Dengan adanya penilaian dan standarisasi, pihaknya juga berharap kinerja pelayanan rumah sakit bisa lebih baik. 

(Baca : BPJS Kesehatan Sebut Aturan Baru Dapat Tekan Defisit Rp 360 Miliar)

Budi mengatakan kebijakan tersebut baru dalam tahap pembahasan awal. Meski demikian, hal ini akan menjadi rencana BPJS Kesehatan kedepan dan peraturannya akan terus dikaji. Proses pengkajian aturan tersebut rampung pada tahun depan. 

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...