Banyak Bencana Alam, Target Wisatawan Berpotensi Tak Tercapai

Ameidyo Daud Nasution
7 Agustus 2018, 16:27
Wisatawan Asing di Lombok
ANTARA FOTO/Rully Prasetyo
Seorang wisatawan mancanegara memanggul barangnya saat turun dari kapal KM Binaiya setibanya di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Senin (6/8). Sebanyak 417 orang wisatawan dievakuasi dari Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, NTB menuju Pelabuhan Benoa setelah kawasan wisata tersebut terkena dampak gempa di Lombok.

Gempa yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8) waktu setempat diprediksi akan cukup mempengaruhi sektor pariwisata Tanah Air. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, peristiwa tersebut berpotensi menyebabkan target kunjungan wisatawan tahun ini tak tercapai.

Menurutnya, dari kejadian gempa Lombok pertama pada 29 Juli lalu telah menyebabkan penurunan jumlah wisatawan asing sebanyak 100 ribu orang. Sementara pada kejadian letusan Gunung Agung, menurut Arief juga telah menyebabkan sekitar 1 juta wisatawan asing di Bali berkurang.

"Target kami 17 juta wisatawan, namun kemungkinan 94% hingga 95% yang tercapai," kata Arief di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (7/8).

Arief mengatakan, akibat bencana gempa bumi tersebut, wilayah  Lombok hingga Gili dikenai status tanggap darurat selama 3 minggu. Selain itu, gempa Lombok juga menyebabkan negara lain memberlakukan travel advisory atau himbauan perjalanan kepada masyarakatnya yang ingin berkunjung Indonesia.

(Baca :  Pemulihan Jaringan Telekomunikasi di Lombok Mulai Berjalan)

Menurutnya, hingga tadi pagi baru Tiongkok  yang diketahui telah memberlakukan travel advisor. Namun hal itu dinilai wajar, karena cukup banyak wisatwan Tiongkok yang berkunjung ke Indonesia. 

Selain Tiongkok, wisatawan terbesar yang menunjungi Lombok juga berasal dari Australia, Singapura, Malaysia, serta negara-negara Eropa.

"Kami memahami itu karena kewajiban pemerintah mengingatkan warganya," katanya.

Saat ini, jumlah kedatangan wisatawan ke Lombok diperkirakan mencapai 2 juta orang per tahun, baik dengan akses langsung  maupun melalui  wilayah lain.

Untuk menekan beredarnya berita bohong (hoax), Kemenpar  jugahampir setiap jam mengeluarkan pernyataan resmi sebagai acuan. Terlebih lagi  menurutnya, hingga saat ini masih ada sekitar  6 turis asal Yunani yang masih bertahan di bukit kepulauan Gili lantaran khawatir akan terjadi tsunami.

(Baca juga: Puluhan Orang Meninggal dan Ribuan Mengungsi Akibat Gempa Lombok)

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...