Pertamina Hulu Energi Berikan 10% Hak Kelola Blok Siak ke BUMD Riau

Anggita Rezki Amelia
7 Agustus 2018, 19:53
Penyerahan PI Blok Siak ke BUMD
Pertamina

PT Pertamina Hulu Siak (PHE Siak) menyerahkan 10% hak kelola (Participating Interest/PI) Blok Siak kepada Pemerintah Daerah Riau. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor  37 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran hak kelola 10% Pada Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi.

Proses pengalihan hak kelola itu ditandai dengan Perjanjian Pengalihan dan Pengelolaan Participating Interest (PI) 10% Wilayah Kerja Siak dengan PT Riau Petroleum Siak pada Selasa, (7/8). Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Operasi dan Produksi PHE Siak, Ekariza dan Direktur Utama PT Riau Petroleum Siak, Suharyanto dan disaksikan oleh Gubernur Riau, H. Arsyadjuliandi Rachman.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian Utara, Hanif Rusjdi dan GM PHE Siak, Rizaldi Winant. Acara penandatanganan tersebut dilakukan di Balai Pauh Janggi Gedung Daerah, Pekanbaru.

Direktur Operasi dan Produksi PHE Siak Ekariza mengatakan pihaknya siap mendukung penuh penyertaan 10% hak kelola kepada pemerintah daerah. "Ini diharapkan menjadi awal yang baik untuk bersama-sama memajukan industri migas di Riau,” kata dia berdasarkan siaran resminya, Selasa (7/8).

Mengacu Peraturan Menteri ESDM No. 37 Tahun 2016, terdapat ketentuan bahwa BUMD dapat menjadi mitra pemegang hak kelola paling banyak 10% dalam pengelolaan wilayah kerja migas yang berada di wilayah provinsi yang bersangkutan. Atas dasar itu, PHE harus memberikan hak kelola kepada Pemda Riau.

Dengan pengalihan PI ini, sinergi antara PHE Siak dengan PT Riau Petroleum Siak serta Pemerintah Daerah Riau diharapkan dapat memperlancar kegiatan operasi di Blok Siak. Alhasil bisa mendukung kebutuhan migas, khususnya di Riau.  

Sebagai informasi, PHE Siak merupakan operator Blok Siak. Kontrak blok ini berlaku efektif sejak tahun 2014. Wilayah operasi PHE Siak mencakup area sekitar 2.484 kilometer persegi di cekungan sumatera tengah yang terbagi menjadi 3 area yaitu Siak I (Buaya, Tanjung Medan), Siak II (Batang), dan Siak III (Jingga, Kelabu, Lindai, Rintis, dan Menggala South).

(Baca: Aturan Terbit, BUMD Dapat Talangan Dana Hak Kelola Bebas Bunga)

Saat ini dua lapangan aktif dikelola PHE Siak yaitu Lapangan Lindai dan Lapangan Batang. Tahun 2018 ini PHE Siak telah melakukan pengeboran eksplorasi Kumis-2.

Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...