Lelang Blok Makassar Strait, South Jambi B, Selat Panjang Pekan Depan

Image title
10 Agustus 2018, 21:18
Rig
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) segera melelang Blok Makassar Strait, South Jambi B dan Selat Panjang pekan depan. Ketiga blok ini akan berakhir kontraknya dan tak diminati kontraktor eksisting maupun PT Pertamina (Persero).

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan tiga blok itu dilelang dalam bulan ini. “Pekan depan dilelang proyek IDD, Makassar Strait, South Jambi B dan Selat Panjang," kata dia di Jakarta, Jumat (10/08).

Blok Makassar Strait akan berakhir kontraknya tahun 2020. Awalnya, Chevron Indonesia ingin mengembangkan blok tersebut dengan menggabungkan bersama Rapak dan Ganal dalam Proyek Ultra Laut Dalam (Indonesian Deepwater Development/IDD). Namun, rencana itu tak disetujui pemerintah.

Pemerintah menilai jika tiga blok itu dikembangkan bersamaan, biayanya akan tinggi. Akhirnya, Blok Makassar Strait dipisah karena blok tersebut akan berakhir lebih cepat daripada Ganal dan Rapak. Kontrak Blok Rapak akan berakhir 2027. Sedangkan Ganal habis 2028.

Akan tetapi, menurut Chevron, jika Blok Makassar Strait dikembangkan secara terpisah itu tidak akan ekonomis. Akhirnya perusahaan asal Amerika Serikat itu melepas blok tersebut.

Di sisi lain, pemerintah juga berupaya menawarkan kepada Pertamina dan Sinopec yang memiliki hak kelola di Makassar Strait. Namun, keduanya pun tidak berminat. Alhasil, pemerintah akan melelangnya.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...