Menanti Gaya 'The New Prabowo' untuk Gaet Kaum Milenial

Dimas Jarot Bayu
26 Agustus 2018, 16:13
Pendaftaran Capres Cawapres Pilpres 2019
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Prabowo Subianto akan rebranding diantaranya meninggalkan kemeja putih berkantong empat.

Sebentar lagi calon presiden Prabowo Subianto tampil ke publik dengan gaya berbeda. The New Prabowo tengah disiapkan, dengan memoles citra Ketua Umum Gerindra tersebut menjadi tak lagi galak dan temperamental.

Gaya orasi Prabowo yang biasa berapi-api akan ditinggalkan. Lontarannya tentang Indonesia akan bubar pada 2030, mungkin tak lagi akan kita dengar selama masa kampanye.

Tampilan fisik pun akan bersalin rupa. Prabowo bakal berpakaian lebih modis, tak lagi melulu memakai kemeja putih berkantong empat.

Calon wakil presiden Sandiaga Uno yang memperkenalkan The New Prabowo sejak beberapa hari terakhir.

"Pak Prabowo itu orangnya asyik, The New Prabowo  sekarang orangnya sangat cair, sangat mendengar, menghormati," kata Sandiaga kepada wartawan, Rabu (22/8).

(Baca juga: Jokowi dan Sandi Saling Berebut Suara Milenial di Pilpres 2019)

Gaya baru Prabowo bertujuan menarik para pemilih dengan rentang usia 17-39 tahun atau generasi milenial. Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar memandang Prabowo memang perlu melakukan rebranding politik untuk menyaingi lawannya, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Para pemilih milenial memang cukup potensial. Berdasarkan data Saiful Mujani Research Center (SMRC) pada Desember 2017, jumlah generasi milenial dengan rentang umur 17-34 tahun mencapai 34,4% dari jumlah masyarakat Indonesia sebesar 265 juta. Sementara itu, KPU pada Juli 2018 memprediksi jumlah pemilih muda mencapai 70-80 juta atau 35-40% dari 139 juta orang.

Dengan menggaet suara millenial, Prabowo-Sandiaga bakal memiliki daya dongkrak terhadap elektabilitasnya saat ini. Apalagi, elektabilitas Prabowo-Sandiaga masih belum mampu menyaingi Jokowi-Ma'ruf.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...