Saudi Aramco Putuskan Kelanjutan Kilang Cilacap Pekan Ini

Anggita Rezki Amelia
28 Agustus 2018, 16:46
kilang cilacap
Katadata

Saudi Aramco dikabarkan akan mengambil keputusan mengenai kelanjutan proyek modifikasi kilang minyak di Cilacap, Jawa Tengah pekan ini. Sikap perusahaan asal Arab Saudi ini sebenarnya sudah ditunggu mitranya yakni PT Pertamina (Persero) sejak enam bulan lalu.

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Gigih Prakoso mengatakan kantor pusat Saudi Aramco belum memberikan persetujuan untuk memulai proyek tersebut. "Tinggal menunggu mereka mau jalan atau tidak. Menurut informasi mereka mau mengambil keputusan akhir bulan ini," kata dia di Jakarta, Selasa (28/8).

Saudi Aramco hingga kini masih menimbang untuk melanjutkan proyek kilang minyak itu karena membutuhkan dana yang tidak sedikit. Apalagi proyek itu akan masuk tahap Basic Enginering Design (BED) dan Front End Enginering Design (FEED).

Biaya kajian tersebut, menurut Gigih bisa dua persen lebih besar dari total nilai proyek. Adapun nilai proyek kilang Cilacap diperkirakan mencapai US$ 5,5 miliar.

Pemerintah juga sebenarnya tidak tinggal diam terhadap proyek ini. Bahkan, insentif pajak (tax holiday) sudah diberikan untuk menjaga keekonomian proyek.

Namun, Saudi meminta hal lain yakni, aset Kilang Cilacap yang ada saat ini dipindahkan ke perusahaan baru yang nantinya diintegarasikan atau dipimpin oleh Senior Vice President (SVP) baru. "Itu namanya spin off, Saudi maunya aset eksisting ditranfer ke SVP baru," ujar Gigih.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...