Pemerintah Jamin Penentuan Direksi Pertamina Bebas Kepentingan Politik

Anggita Rezki Amelia
29 Agustus 2018, 15:15
Penunjukan Nicke sebagai Dirut Pertamina
Pertamina

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengaku tidak ada unsur politik ketika merombak direksi PT Pertamina (Persero). Semua proses penentuan direksi baru perusahaan pelat merah itu berdasarkan penilaian yang transparan.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan penentuan direksi Pertamina tersebut melalui proses penilaian dan evaluasi yang tidak sembarangan. "Saya yakinkan tidak ada kepentingan politis dalam pengangkatan direktur yang baru," kata dia di Jakarta, Rabu (29/8).

Advertisement

Nicke memang terpilih menjadi Direktur Utama Pertamina sesuai dengan keputusan Presiden Joko Widodo. Namun, menurut Fajar, sebelum sampai ke tangan Jokowi, panggilan akrab Presiden, ada proses dan tahapannya.

Tahapan pertama yakni harus memenuhi aspek dari sejumlah penilai independen. Kedua, harus memiliki rekam jejak yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang akan dipimpin. Sehingga tidak sembarang orang bisa menjadi direktur utama BUMN.

Nicke juga harus bersaing dengan beberapa kandidat lain yang juga disodorkan menjadi calon Direktur Utama Pertamina. "Itu yang kita lakukan selama ini, baru evaluasi," ujar dia.

Nicke mengikuti seleksi Direktur Utama Pertamina berdasarkan pemilihan dari pemegang saham, dalam hal ini Kementerian BUMN. Jadi, Nicke bukan mencalonkan diri secara personal.

Di tempat yang sama Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pun membantah ada unsur politik terkait penetapan Direktur Utama Pertamina. "Tidak ada. Ini tugas dari negara harus dijalankan, di mana pun dan sebagai apapun, karena saya memutuskan bekerja di BUMN," kata dia.

Ia mengatakan setidaknya ada tiga hal yang menjadi pekerjaan jangka pendek yang akan diselesaikan lewat kepemimpinannya di Pertamina. Pertama, mengurangi impor minyak. Kedua, percepatan kilang. Ketiga, penerapan biosolar B20.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement