Jokowi Bertemu Anwar Ibrahim Bahas WNI di Malaysia Hingga Sawit

Ameidyo Daud Nasution
30 Agustus 2018, 20:49
Jokowi Menerima Kunjungan Mantan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim
www.setkab.go.id
Jokowi Menerima Kunjungan Mantan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Bogor, Kamis (30/8)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu politikus Malaysia Anwar Ibrahim di Istana Bogor. Pertemuan tersebut berlangsung diantara acara resmi Presiden dengan bank infrastruktur Asia atau Asian Infrastructure and Investment Bank (AIIB) dan kunjungan kenegaraan Presiden Namibia.

Pertemuan dengan Anwar tidak masuk dalam agenda resmi kepresidenan. Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi yang hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan kehadiran Anwar merupakan silaturahmi ke Jokowi, seperti tokoh-tokoh lainnya. Apalagi tanggal 5 Agustus lalu, Anwar telah menggantikan istrinya Wan Azizah Wan Ismail sebagai Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Malaysia.

Advertisement

Banyak hal yang dibicarakan Jokowi dengan mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia ini, salah satunya soal penguatan kerja sama dan memperjuangkan kampanye kelapa sawit Indonesia dan Malaysia di dunia internasional. Jokowi sempat menitipkan Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Malaysia kepada Anwar.

(Baca: Mahathir Mohamad Ajak Jokowi Lawan Kampanye Hitam Sawit Uni Eropa)

"Pak Anwar mengatakan ini waktu yang tepat meningkatkan hubungan (dua negara)," kata Retno di Istana Bogor, Kamis (30/8). "Mereka banyak bertukar pikiran," ujarnya.

Hal ini pernah disampaikan Jokowi kepada Perdana Menteri Malaysia Mahatir Mohammad saat berkunjung ke Bogor beberapa waktu lalu. Anwar, yang partainya berada di koalisi pemerintahan Mahatir juga menyampaikan salam dari pimpinan negeri jiran tersebut kepada Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement