Pemerintah Siapkan Kredit hingga Kampung Khusus UKM Digital

Desy Setyowati
30 Agustus 2018, 07:00
Internet desa
Donang Wahyu|KATADATA
Dua orang guru memperkenalkan internet kepada muridnya di desa Melung, kecamatan Kedung Banteng, Banyumas, Jawa Tengah.

Pemerintah menyiapkan beragam kebijakan agar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mau go digital. Sebab, UMKM menyumbang 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dengan memanfaatkan teknologi, performa UMKM diharapkan bisa meningkat.

Saat ini, Kementerian Koperasi dan UKM mengembangkan pola kampung UKM digital. "Bentuknya, ada pemanfaatan teknologi informasi secara komprehensif dan integratif untuk mendukung proses bisnis yang berjalan di sentra UMKM itu," kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring dalam acara Katadata Forum di Gedung Smesco, Jakarta, Rabu (29/8).

Ada lima hal yang didispkan dalam kampung digital. Pertama, infrastruktur pendukung seperti WiFi dan broadband learning center. Kedua, pemerintah juga bekerja sama dengan berbagai stakeholder seperti pelaku bisnis dan pakar. Ketiga, ada pelatihan kepada UKM terkait teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta strategi implementasi bisnis.

Keempat, pemerintah menggandeng Community Development Center (CDC) dan Digital Development Services (DDS) untuk mengenali kebutuhan UMKM. Terakhir, memberikan layanan TIK secara komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan UMKM. "Hal ini sesuai dengan arahan Presiden (Joko Widodo), agar ekonomi tradisional (termasuk UMKM) mendapat sentuhan digital," ujar Meliadi.

(Baca juga: Persaingan Ketat Aplikasi Pembayaran Elektronik QR Code Merangkul UKM)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...