Bank Syariah Mandiri Talangi Tagihan Klaim Rumah Sakit BPJS Kesehatan

Image title
31 Agustus 2018, 18:39
Monitoring Kepatuhan BPJS Kesehatan
ANTARA FOTO/Rahmad

Bank Syariah Mandiri (BSM) melakukan kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dengan kerja sama ini, BSM akan menalangi tagihan klaim rumah sakit dan mitra BPJS Kesehatan, sebelum jatuh tempo pembayaran.

Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso mengatakan ini merupakan salah satu upaya meningkatkan pelayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) melalui fasilitas kesehatan. Kerja samanya berupa pembiayaan tagihan Supply Chain Financing (SCF) atau Islamic-Banking Supplier Financing (iB-SF) Mandiri Syariah bagi Faskes mitra BPJS Kesehatan.

"Rumah sakit (fasilitas kesehatan) yang memiliki tagihan kepada BPJS Kesehatan, pendanaannya akan dibantu BSM, sebelum kami dibayarkan," kata Kemal di Jakarta, Jumat (31/8).

Dukungan penyediaan finansial dari BSM bisa mempercepat arus kas dan perputaran modal bagi fasilitas kesehatan yang bermitra dengan BPJS Kesehatan. Dengan begitu, pembayaran klaim pelayanan kesehatan dapat lebih cepat.

(Baca: 3 Aturan BPJS Kesehatan untuk Kendalikan Fasilitas yang Tak Perlu)

Direktur Utama BSM Toni Subari mengatakan, kerja sama SCF ini ditujukan bagi seluruh jenis Faskes, baik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Dia berharap SCF juga dapat mendorong peningkatan kualitas pelayanan bagi para peserta JKN-KIS.

Untuk tahap  awal, Bank Syariah Mandiri mengalokasikan dana sebesar Rp 1 triliun untuk disalurkan kepada fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan. "Nanti kami evaluasi berkembang sesuai kebutuhan," kata Toni pada kesempatan yang sama.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...