14 E-Commerce Siap Gelar Pesta Diskon 9.9 Super Shopping Day

Penulis: Desy Setyowati

Editor: Pingit Aria

Rabu 5/9/2018, 06.00 WIB

Di antara e-commerce yang turut dalam festival ini adalah Shopee, Berrybenka, Bhineka, e-mas, Fabelio, HappyFresh, dan Hijabenka.

E-Commerce
Katadata/Desy Setyowati
Peresmian 9.9 Super Shopping Day di Jakarta, Selasa (4/9).

Sebanyak 14 perusahaan e-commerce akan memberikan rabat hingga 99% dalam festival 9.9 Super Shopping Day. Pesta diskon ini akan mulai digelar mulai 27 Agustus, hingga mencapai puncaknya pada 9 September 2018.

Ke-14 e-commerce yang turut serta dalam program ini adalah Shopee, Berrybenka, Bhineka, e-mas, Fabelio, HappyFresh, Hijabenka, Honestbee, Jakmail, Lemonilo, ORORI, Ruparupa, Shopback, dan VIP Plaza.

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih mengatakan, kampanye ini bisa mendorong pemahaman masyarakat terkait ekonomi digital. Ia berharap, kampanye seperti ini berkontribusi terhadap upaya pemerintah mencapai target sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

"Belanja online tentunya menjadi salah satu faktor pendorong utama seiring perkembangan ekonomi digital," ujarnya di Jakarta, Selasa (4/9).

Sementara itu, Co-Founder dan Country Head of Shopback Indonesia Indra Yonathan memperkirakan, rata-rata belanja masyarakat di Kuartal IV-2018 meningkat 25-30% dibanding periode sama tahun lalu (year on year/yoy). Peningkatan ini lebih tinggi dibandingkan 2017 lalu, yang hanya 17% yoy.

(Baca juga: Tokopedia dan Bukalapak Kalahkan Lazada pada Kuartal II 2018)

Kenaikan belanja itu ditopang oleh banyaknya program kampanye oleh e-commerce. "Indonesia ini unik. Ada festival belanja online, dengan (beberapa) e-commerce gotong royong untuk push festival. Ini ada di Indonesia saja," kata dia.

Adapun dalam penyelenggaraan festival ini, Shopee juga menggandeng beberapa mitra seperti PT Bank Mandiri Tbk untuk memberi kemudahan pembayaran. "Dengan jumlah kunjungan lebih dari 100 juta setiap bulannya, kami percaya bisa menyukseskan festival 9.9 ini bersama mitra lainnya," ujar Head of Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo.

Selain itu, Katadata Insight Center (KIC) juga ikut ambil bagian dalam festival belanja online Shopee 9/9 Super Shopping Day. KIC melakukan survei aktivitas e-commerce di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah-daerah terluar. "Hasilnya akan dirilis pada 18 September," kata CEO Katadata Metta Dharmasaputra.

Menurutnya, kolaborasi bisnis tengah menjadi tren saat ini. Melalui kolaborasi seperti ini, menurutnya penetrasi e-commerce di Tanah Air bakal lebih cepat. Saat ini, 76,73% orang yang berbelanja lewat e-commerce berada di Pulau Jawa. Setelah Satelit Palapa Ring rampung pada akhir 2018, ia optimistis pengguna layanan e-commerce di daerah lain bakal meningkat.

Reporter: Desy Setyowati

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha