Pengganti Jack Ma, Daniel Zhang Bukan Orang Baru di Alibaba

Pingit Aria
10 September 2018, 12:40
Daniel Zhang, Alibaba
Alibaba Group
Daniel Zhang tahun depan akan menggantikan Jack Ma sebagai Chairman Alibaba.

Raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba Group bakal punya nakhoda baru. Daniel Zhang akan menggantikan Jack Ma sebagai Chairman Alibaba pada 10 September 2019 mendatang.

Bertepatan dengan ulang tahun Alibaba yang ke-19 dan ulang tahun dirinya yang ke-54, Jack Ma memang mengumumkan rencana pensiun dini. Ia akan mundur dari posisi Chairman saat berusia 55 tahun.

Dalam pernyataan resminya, Jack Ma menyatakan bahwa penunjukan Daniel Zhang telah disepakati oleh Dewan Direktur. Sementara itu, saya saya masih akan menjabat sebagai Chairman dan dalam 12 bulan ke depan, saya akan bekerja dengan Daniel untuk memastikan transisi yang mulus,” katanya, seperti dikutip dari siaran pers Alibaba Group.

Zhang bukan wajah baru dalam Grup Alibaba. Sejak 2015, dia menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Alibaba Group, di bawah Jack Ma. Karier Zhang di Alibaba Group dimulai pada 2007, saat ia bergabung di Taobao sebagai Chief Financial Officer (CFO).

(Baca juga: Bertemu Jack Ma, Pemerintah Dorong Ekspor Lewat Alibaba)

Taobao merupakan salah satu anak usaha Alibaba dengan fokus kepada barang elektronik. Pada 2008, Zhang digeser menjadi Chief Operating Office (COO) Taobao.

Karier Zhang melesat pada 2011, ia didapuk sebagai Presiden Tmall, platform business-to-consumer (B2C) milik Alibaba. Saat itu, ia mempelopori event 11 November Shopping Festival (Single's Day). Acara sangat populer di Tiongkok khususnya untuk para lajang. Tanggal acara ini didominasi angka 1 yang merepresentasikan kesendirian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...