Pengganti Jack Ma, Daniel Zhang Bukan Orang Baru di Alibaba

Penulis: Pingit Aria

Senin 10/9/2018, 12.40 WIB

Menjabat CEO Alibaba sejak 2015, tahun depan Daniel Zhang akan menggantikan Jack Ma sebagai Chairman.

Daniel Zhang, Alibaba
Alibaba Group
Daniel Zhang tahun depan akan menggantikan Jack Ma sebagai Chairman Alibaba.

Raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba Group bakal punya nakhoda baru. Daniel Zhang akan menggantikan Jack Ma sebagai Chairman Alibaba pada 10 September 2019 mendatang.

Bertepatan dengan ulang tahun Alibaba yang ke-19 dan ulang tahun dirinya yang ke-54, Jack Ma memang mengumumkan rencana pensiun dini. Ia akan mundur dari posisi Chairman saat berusia 55 tahun.

Dalam pernyataan resminya, Jack Ma menyatakan bahwa penunjukan Daniel Zhang telah disepakati oleh Dewan Direktur. Sementara itu, saya saya masih akan menjabat sebagai Chairman dan dalam 12 bulan ke depan, saya akan bekerja dengan Daniel untuk memastikan transisi yang mulus,” katanya, seperti dikutip dari siaran pers Alibaba Group.

Zhang bukan wajah baru dalam Grup Alibaba. Sejak 2015, dia menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Alibaba Group, di bawah Jack Ma. Karier Zhang di Alibaba Group dimulai pada 2007, saat ia bergabung di Taobao sebagai Chief Financial Officer (CFO).

(Baca juga: Bertemu Jack Ma, Pemerintah Dorong Ekspor Lewat Alibaba)

Taobao merupakan salah satu anak usaha Alibaba dengan fokus kepada barang elektronik. Pada 2008, Zhang digeser menjadi Chief Operating Office (COO) Taobao.

Karier Zhang melesat pada 2011, ia didapuk sebagai Presiden Tmall, platform business-to-consumer (B2C) milik Alibaba. Saat itu, ia mempelopori event 11 November Shopping Festival (Single's Day). Acara sangat populer di Tiongkok khususnya untuk para lajang. Tanggal acara ini didominasi angka 1 yang merepresentasikan kesendirian.

Pada 2017, pembeli Alibaba menghabiskan sekitar US$ 25 miliar atau Rp 372 triliun dalam Single’s Day. Event tahunan ini menjadi hari belanja offline dan online terbesar di dunia. 

Grafik:

Keberhasilan pria kelahiran 11 Januari 1972 ini membuat Alibaba Group kepincut menarik Zhang ke kantor pusat. Pada 2013 ia menjabat sebagai COO Alibaba Group. Ia berperan mengawasi operasi bisnis Alibaba Group di Tiongkok maupun di luar negeri.

Pada Mei 2015, Zhang menggantikan Jonathan Lu sebagai CEO Alibaba Group. Zhang dipercaya untuk mengambil alih kepemimpinan setelah pendapatan Alibaba turun sebesar 49% pada awal tahun 2015.

Zhang juga memimpin investasi Alibaba dalam Alibaba Health, Haier, In+me Retail and Singapore Post. Zhang merupakan anggota direksi dari perusahaan publik, termasuk Alibaba Health dan Weibo.

Zhang memiliki latar belakang keuangan yang sangat kuat. Ia mendapatkan gelar sarjana keuangan dari Shanghai University of Finance and Economics.

Sebelum masuk ke Alibaba, Zhang adalah COO dari pengembang gim, Shanda Interactive Entertainment. Ia juga pernah menjabat sebagai senior manager divisi audit dan penasihat bisnis di Pricewaterhouse Coopers Shanghai. 

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha