Bertemu Jack Ma, Pemerintah Dorong Ekspor Lewat Alibaba

Penulis: Pingit Aria

Senin 3/9/2018, 11.31 WIB

Alibaba merupakan investor Lazada dan Tokopedia.

Jokowi Jack Ma
Biro Pers Istana Kepresidenan
Kunjungan terebut juga sebagai apresiasi Alibaba atas Asian Games 2018 di Jakarta - Palembang, serta dukungan untuk Asian Games 2022 yang akan berlangsung di Hangzhou, Tiongkok.

Usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, CEO Alibaba Jack Ma menemui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Dalam pertemuan di Hotel Ritz Carlton itu, salah satu poin yang dibahas ialah peningkatan kualitas sambungan internet untuk pengembangan e-commerce dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Jack Ma sangat yakin bahwa (potensi) bisnis ke depan itu adalah UMKM, dengan internet dan e-commerce,” kata Darmin usai pertemuan di Jakarta, Minggu (2/9).

Dalam pertemuan tersebut, Darmin didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso serta Ketua Kadin Indonesia, Rosan Roeslani. 

Jack Ma merupakan penasihat untuk pengembangan e-commerce Indonesia. Jack Ma berperan sebagai steering committee bentukan pemerintah yang bertugas menggodok peta jalan pengembangan e-commerce. Steering committee itu sendiri diketuai oleh Darmin.

(Baca juga: Jack Ma Hadir, Saatnya Olahraga Menjadi Industri - Katadata News)

Darmin pun mengaku pemerintah saat ini sedang berupaya mendorong UMKM agar melek teknologi. Penggunaan internet untuk pengembangan bisnis dinilai cocok dengan lanskap bisnis Indonesia yang didominasi pelaku UMKM.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Jokowi dan para menterinya, Jack Ma juga membahas pengembangan sumber daya manusia. "Prioritas pengembangan talent tentunya untuk Indonesia, yang juga dikembangkan memasok ke negara-negara di regional," kata Rudiantara.

Selain itu, pertemuan Jokowi dengan Jack Ma juga membahas upaya meningkatkan ekspor Indonesia, yang salah satu caranya memanfaatkan ekosistem Alibaba Group. Hanya, pembahasan lebih mendalam akan dilanjutkan pada kunjungan Jack Ma, Oktober 2018 mendatang.

Di Indonesia, Alibaba telah berinvestasi melalui dua marketplace besar, yakni Lazada dan Tokopedia. Lazada yang juga beroperasi di Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand dan Vietnam sebenarnya telah berkomitmen membawa produk Indonesia ke kawasan.

Chief Marketing Officer (CMO) Lazada Indonesia Achmad Alkatiri menyatakan, untuk tahap awal, ekspor produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia melalui Lazada dilakukan ke Malaysia dan Singapura. “Bulan Mei kami melepas kontainer perdana,” ujarnya beberapa waktu lalu.

(Baca juga: Lazada Ajak UKM Indonesia Ekspor ke 5 Negara Tahun Ini)

Selain mendukung kemajuan industri UMKM di Indonesia, Jack Ma juga membahas peningkatan kualitas internet juga dinilai penting untuk mendorong para pelaku usaha menyongsong era industri 4.0.

Sementara itu Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani mengatakan pada diskusi tersebut, Jack Ma menekankan pentingnya fleksibilitas regulasi dan kemudahan usaha.

“Dua hal yang dia pesan untuk diperhatikan ke depannya adalah industri blockchain dan cloudcomputing,” ujar Rosan.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha