Bertemu Jack Ma, Pemerintah Dorong Ekspor Lewat Alibaba

Pingit Aria
3 September 2018, 11:31
Jokowi Jack Ma
Biro Pers Istana Kepresidenan
Kunjungan terebut juga sebagai apresiasi Alibaba atas Asian Games 2018 di Jakarta - Palembang, serta dukungan untuk Asian Games 2022 yang akan berlangsung di Hangzhou, Tiongkok.

Usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, CEO Alibaba Jack Ma menemui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Dalam pertemuan di Hotel Ritz Carlton itu, salah satu poin yang dibahas ialah peningkatan kualitas sambungan internet untuk pengembangan e-commerce dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Jack Ma sangat yakin bahwa (potensi) bisnis ke depan itu adalah UMKM, dengan internet dan e-commerce,” kata Darmin usai pertemuan di Jakarta, Minggu (2/9).

Advertisement

Dalam pertemuan tersebut, Darmin didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso serta Ketua Kadin Indonesia, Rosan Roeslani. 

Jack Ma merupakan penasihat untuk pengembangan e-commerce Indonesia. Jack Ma berperan sebagai steering committee bentukan pemerintah yang bertugas menggodok peta jalan pengembangan e-commerce. Steering committee itu sendiri diketuai oleh Darmin.

(Baca juga: Jack Ma Hadir, Saatnya Olahraga Menjadi Industri - Katadata News)

Darmin pun mengaku pemerintah saat ini sedang berupaya mendorong UMKM agar melek teknologi. Penggunaan internet untuk pengembangan bisnis dinilai cocok dengan lanskap bisnis Indonesia yang didominasi pelaku UMKM.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Jokowi dan para menterinya, Jack Ma juga membahas pengembangan sumber daya manusia. "Prioritas pengembangan talent tentunya untuk Indonesia, yang juga dikembangkan memasok ke negara-negara di regional," kata Rudiantara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement