LPS: Pertumbuhan Simpanan di Bank Tahun Ini Melambat

Rizky Alika
12 September 2018, 19:24
Himpunan Bank Milik Negara (Himbara)
ANTARA FOTO | Sigid Kurniawan

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memperkirakan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) pada akhir tahun ini bertengger di kisaran 8% (year on year / yoy). Angka ini melambat dibandingkan dengan realisasi pada tahun lalu di level 9,4% (yoy).  

Kepala Eksekutif LPS Fauzi Ichsan mengatakan, proyeksi tersebut memperhitungkan dampak pengampunan pajak (tax amnesty) yang tak lagi terasa pada tahun ini. "Sehingga, kami tidak bisa ekspektasi kenaikan DPK yang tajam seperti tahun lalu," tuturnya, di Jakarta, Rabu (12/9). 

(Baca juga: Aset Repatriasi Berpotensi Keluar, Begini Sikap Pemerintah)

Penghimpunan dana sepanjang 2017 ditopang program pengampunan pajak. Pasalnya, dana repatriasi masuk melalui bank tertentu yang ditetapkan sebagai pintu gerbang (gateway). Per Juli tahun ini, DPK tumbuh 6,9% (yoy) atau melambat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 9,8% (yoy).

Relisasi pertumbuhan sampai dengan Juli tersebut lantaran seluruh kelompok usaha bank memang mengalami perlambatan pertumbuhan DPK secara tahunan. Perinciannya antara lain bank umum kegiatan usaha (BUKU) IV naik 9,5%, BUKU III meningkat 3,8%, BUKU II naik 4,7%, sedangkan BUKU I hanya tumbuh 1,5%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...