BPJS Kesehatan Nilai Rujukan Online Memiliki Banyak Keuntungan

Image title
14 September 2018, 21:21
BPJS kesehatan
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tengah menguji coba sistem rujukan online Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Sistem ini, dipercaya memberikan banyak keuntungan bagi peserta.

"Ada kepastian bahwa dengan rujukan online, peserta akan dilayani oleh dokter spesialis sesuai kompetensinya," Deputi Direksi Bidang Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Arief Syaifuddin di Jakarta, Jumat (14/9).

Dalam sistem rujukan online ini tertera data ketersediaan dokter di suatu rumah sakit yang menjadi rujukan dan mampu melihat tingkat keterisian rumah sakit tersebut. Dengan begitu, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), bisa memberikan rujukan yang tepat bagi peserta.

(Baca: 2.530 Fasilitas Kesehatan Belum Ikut Rujukan Online BPJS Kesehatan)

FKTP juga bisa memberikan rujukan ke rumah sakit dengan lokasi terdekat dari lokasinya berada. Namun, peserta tetap bisa memilih rumah sakit tertentu lainnya, dengan syarat tingkat keterisian rumah sakit yang dituju tidak lebih dari 80%.

Arief juga menjelaskan pembuatan sistem ini didasari semangat untuk mengurangi antrean yang kerap terjadi pada pelayanan fasilitas BPJS Kesehatan. Untuk itu, diberlakukan kebijakan soal tingkat keterisian rumah sakit tersebut, agar memudahkan peserta.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...